Lintasan Sejarah Gerakan Mahasiswa Indonesia - Jasminms

Jasmin M Sahrudin Blogger Membahas berbagai macam jenis berita baik berita umum maupun khusus

Breaking

Thursday, November 5, 2020

Lintasan Sejarah Gerakan Mahasiswa Indonesia


Lintas sejarah Gerakan Mahasiswa Indonesia

Jasminms  Gerakan mahasiswa merupakan bagian dari sejarah pergolokan politik di indonesia dan sebenarnya sudah berlangsung lama, sajak zaman kolonial Belanda. pada Saat itu, Ratu Wihelmina peguasa pemerinyahan belanda mengumumkan kebijakan politik etis, yakni nampak bertujuan "mulia" untuk membalas budi kepada bangsa bangsa yang di jajahanya. maka , sejak itu pemerintah Hindia belanda membuka kesempatan bagi para, pelajar nusantara melanjutkan studi ke negara Nederland maupun dibukanya sekolah- sekolah tinggi ditanah air.1 Visi yang agak bersifat 'kekeluargaan' dari sejarah pergerakan indonesia mulanya muncul bersama anggkatan 1908 yang di tandai bangkit nasionalisme. lalau disusul dengan anggkatan 45 yaitu angkatan kemerdekaan anggakatan 66, dan seterusnya.

Dalam sejarah gerakan mahasiswa tercatat beberapa momentum yang dianggap monumental berkaitan dengan proses perjuangan generasi  bangsa menghadapi tantangan zamannya yaitu:

  1. 1. Tahun 1908 melahirkan Boedi Oetomo, dibidani oleh  para mahsiswa yang kebanyakan studi dalam negeri. berporos di kampus Stovia, diikuti oleh mahasiswa yang datang dari daerah mana mana ikut bergabung dalam satu gerakan terpadu
  2. Tahun 1928, melahirkan soempah pemoeda, dibidanih oleh para mahasiswa yang kebanyakan studi dinegeri belanda setelah kembali ketanah air. berporos pada Organisasi penghimpunan pelajar pelajar indonesia dijakarta.
  3. tahun 1928 melahirkan Gerakan mahasiswa 45, berporos dari gerakan yang diawali diasrama asrma mahasiswa dijakarta 
  4. Tahun 1966 melahirkan angkatan 66 orde baru, berporos dri kampus UI uyang kmudian menyebar ke kampaus kampus seindonesia lebih berlatar belakang idelogis, dalam upaya pemberagusan komunis dindonesia.
  5. tahun 1974 melahirkan gerakan anti modal asing jepang yang sebut malari 74. berporos poros pada kampus Jakarta dan bandung. lebih jakarta sntris melibatkan pertentangan elit militer. khususnya rivalitas kalangan elit antara pengkopkamtib jenderal soemitro dan aspri/ Waka bakin Mayjen ali Moertopo.
  6. Tahun 1978 melahirkan gerakan perlawanan terhadap soeharto langsung disebut Gema 77/88 berawal dari bandung dan menyebar kekampu kampus se indonesia Nara sumber jenderal Abdul haris Nasution, prof ismail sunny, Prof Dawam Rahardjo, Dr soerharsono sagir, korban letnan jenderal HR Dharsono. bercirikan tidak melibatkan rakyat luas atau tidak mengorbankan rakyat untuk membedakan antara gerakan mahasiswa politik praktis.
  7. Tahun 1980-an melahirkan gerakan mahasiswa pasca NKK/BKK berproses dari isu isu luar kampus bertema rakyatan berporos di kampu kampus hampir menyebar di seluruh jawa  dan melibatkan rakyat luas.
  8. Tahun 1998 yang melahirkan gerakan mahasiswa 98 yang menumbangkan Rezim Soeharto Orde baru. Berporos dihampir semua kamus diseluruh tanah air berawal daroi jogyakrta. 
      konsepsi gerakan dalam kasus kasus diatas diwujudkan dalam kesatuan kelompok umur dari mereka yang memiliki kesamaan cita cita dalam memainkan sebuah peranan yang menentukan saat saat terpenting dlam sejarah indonesia 
meskipun keabsahar konsepsi itu dapat dipertanyakan dalam arti konsepsi itu lebih mencakup dsatu kelompok yang terikat pada satu ikatan politik bukan pada ukursn usia shingga dapat digunakan sebagi analisis karena merupakan satu cara mengenali tahap tahap sejarah dan ide ologi bagi generasi indonesia 
                peran pemuda dan mahasiswa khususnya dalam peranan perubahan politik indonesiabukanlah suatu hal yang baru .setidaknya hal ini sebagaimana yang telah diuraikan

 


                

No comments:

Post a Comment

Fastabiqul Khairaat😊